Hotline Service for reservation :

Indonesia: 021 9187 2929-0813 9809 1829
International :++62-2191872929 /++ 62-28
1398091829
Yahoo Messenger: lintas7transport@yahoo.co.id
Email :lintas7travel@gmail.com

Rabu, 15 September 2010

Wisata "'Fotografer "di Belitung


Visit Bangka - Belitung 2010 
Harga Paket Wisata Fotografer di Belitung :
  • 3 hari 2 Malam Harga Mulai Rp 2,500,000 /orang 

Harga termasuk :
  • Tiket Pesawat ekonomi promo class Batavia,lion,Sriwijaya air 
  • hotel standar bintang **/*** dengan AC, 2 orang per kamar
  • rental mobil Toyota Kijang 7 seats, Microbus Elf 16 seats atau sejenis
  • rental perahu motor nelayan untuk perjalanan ke pulau-pulau kecil
  • full konsumsi: sarapan, makan siang, makan malam, snack
  • pemandu wisata berpengalaman sesuai itenary di program tour kami
  • tiket masuk tempat-tempat wisata

Tour Itenary 

:: Persiapan Hunting Foto ::


Gear. Perlengkapan kamera yang mungkin akan paling anda butuhkan adalah: lensa wide angle, filter CPL, tripod, dan jika ingin lebih advance bereksperimen dengan filter gradual ND sangat mengasyikan di Belitung. Jangan lupa membawa tas kamera yang ada parasutnya, just in case hujan. Bawalah memori card beberapa buah karena kondisi medan saat hunting sedikit menyulitkan jika anda ingin mentransfer hasil foto anda dari memori card ke komputer/hard disk. Jika anda memiliki kamera bawah air, memotret terumbu karang di Belitung sambil snorkeling adalah pengalaman yang mengasyikkan.

Timing. Ada banyak sekali pertanyaan tentang kapan cuaca terbaik untuk hunting foto di Belitung. Untuk kondisi normal, bulan terbaik adalah April - Juni dimana hujan mulai sedikit tetapi masih ada awan. Musim kemarau Juli - September biasanya tidak ada awan dan langit flat. Tapi itu kondisi normal, sekarang ini cuaca susah di prediksi. Timing yang juga perlu diperhitungkan adalah pasang surut air laut. Pantai dan batu-batu Belitung lebih indah dipotret pada saat air surut. Sedangkan waktu pemotretan terbaik selain sunset dan sunrise adalah pada saat matahari 45 derajat sebelum siang atau setelah siang. Jika anda mengapatkan angle yang beruntung, memotret pemandangan dengan foreground terumbu karang kelihatan sampai dasar laut bisa menjadikan foto anda spektakuler, menggunakan filter CPL.

Lokasi. Belitungisland.COM memiliki team paling berpengalaman memandu para photographer hunter di Belitung, karena kami adalah tour provider pertama yang memperkenalkan paket hunting foto di Belitung. Team kami juga akan memandu anda tidak saja mendatangi sudut-sudut pemotretan yang unik, tetapi kapan waktu terbaik untuk memotret di sudut tersebut. Team kami adalah para pionir yang menemukan lokasi-lokasi hunting foto terbaru seperti Surga Batu, Danau Kaolin dan Open Pit.


:: Lokasi-lokasi Hunting Foto ::


Lokasi-lokasi hunting memang tidak berbeda dengan lokasi-lokasi yang ada di paket wisata seperti Program Lighthouse karena spot-spot tersebut adalah spot wisata yang menyajikan pemandangan terindah tentang pantai-pantai Belitung. Akan tetapi terdapat beberapa lokasi yang hanya bisa dinikmati oleh para fotografer seperti Surga Batu, Danau Kaolin dan Open Pit. Tempat-tempat mana saja yang bisa dikunjungi tergantung durasi paket wisata yang anda ambil. Urutan tempat-tempat yang dikunjungi terdapat pada itinerary program tour kami yang bisa anda akses jika sudah melakukan reservasi. Berikut ini adalah lokasi hunting yang akan dikunjungi jika anda ikut paket Fotografer dari kami, berikut tips untuk hunting di sana:

:: Jernihnya Tanjung Tinggi ::
Tanjung Tinggi. Tempat ini adalah lokasi "sejuta ummat". Kreasi foto yang bisa anda hasilkan tidak terbatas. Spot-spot yang unik adalah jika anda naik ke puncak batu di semenanjung sisi Barat. Anda harus berjuang naik pohon untuk mencapai tempat ini, tetapi pemandangan luas ke seluruh sudut pantai bisa anda ambil, bahkan jika air tenang anda bisa memotret dasar laut dari tempat ini. Lokasi unik lainnya adalah di sisi Timur dekat muara sungai dimana pada saat laut surut air di sekitar tempat ini berwarna kemerahan. Jangan lupa mengabadikan batu "adidas" berupa susunan batu yang berbentuk lambang Adidas. Di sesi sore hari, Tanjung Tinggi juga merupakan lokasi pemotretan sunset yang cukup menarik.

:: Surga Batu Fotografi ::
Surga Batu Fotografi. Kami menamakan sendiri tempat ini "Surga Batu Fotografi" karena tempat ini memang seperti sebuah surga batu. Lihatlah bebatuan yang ada di foto, batu-batu tersebut berbeda dengan kebanyakan batu granit yang ada di Belitung, meskipun sama-sama berada di daerah pantai. Ini adalah surga karena tempat ini masih benar-benar "belum terjamah" oleh industri pariwisata, masyarakat lokal, maupun pengunjung dari luar Belitung. Untuk menjaga kondisi ini kami belum akan menampilkan informasi lebih rinci tentang tempat ini kecuali foto-foto yang ada di halaman ini untuk anda nikmati. Tim BelitungIsland.COM menemukan tempat ini pada awal 2009. Setelah menjelajahi seluruh sudut lokasi, kami akhirnya menawarkan tempat ini untuk hunting fotografi khusus untuk peminat hunting foto yang serius.

:: Jernihnya Tanjung Kelayang ::
Tanjung Kelayang. Di sini anda bisa mengabadikan suasana pantai dikelilingi beberapa pulau kecil dan juga pulau batu granit yang disebut batu Garuda. Pantai Tanjung Kelayang memiliki dua sisi, Barat dan Timur. Di sisi Barat terdapat banyak pulau-pulau kecil, dan salah satu yang terkenal untuk dipotret adalah pulau Batu Berlayar. Pemandangan di ujung semenanjung Tanjung Kelayang sangat unik, anda sebaiknya naik ke atas batu tertinggi sehingga sunset view dan lokasi sekitar Tanjung Kelayang bisa anda nikmati dalam range 360 derajat.
Spot yang paling menarik di Tanjung Kelayang adalah di puncak bebatuan di ujung semenanjung. Jika cuaca cerah dan langit biru, dengan bantuan CPL anda bisa memotret banyak sekali objek batu-batu granit yang artistik dengan kejernihan air laut dan kombinasi pantai pasir pusih yang artistik. Jumlah pepohonan kelapa di daerah ini juga lebih banyak, sehingga jika anda membawa kamera infrared, kombinasi daun kelapa, laut dan bebatuan bisa menghasilkan foto yang artistis.
Danau Kaolin. Ini bukan tempat wisata. Tempat ini khusus untuk anda peminat fotografi. Danau kaolin adalah tempat terkenal untuk hunting foto sunrise di Belitung. Bentuk kubangan tanah bekas tambang yang unik dan berwarna serba putih serta air danau yang berwarna biru, memberikan pemandangan unik yang tidak bisa didapat di tempat lain. Hunting foto sunrise lebih mengesankan lagi karena perpaduan warna putih dan keemasan diterpa sinar matahari membuat danau kaolin semakin cantik untuk dipotret. Waktu terbaik untuk hunting foto di bekas tambang kaolin ini adalah pada saat mulai musim kemarau ketika kedalaman air danau mulai agak mengering sehingga banyak bermunculan gundukan-gundukan putih di tengah danau. Obyek human interest juga bisa anda jumpai di lokasi sekitar danau ini yaitu anak-anak dan para ibu yang sedang mencuci dan mandi di lokasi danau kaolin tersebut.
:: Danau Kaolin ::
Tanjung Binga. Sesi foto di tempat ini adalah untuk sunset, selain alternatif di Tanjung Tinggi. Lokasi yang biasa digunakan dari dermaga nelayan Tanjung Binga. Dari sini kita bisa melihat matahari terbenam di balik 2 pulau kecil yaitu pulau Lutong dan pulau Kera. Lokasi ini juga dihiasi banyak perahu motor nelayan dan aktivitas nelayan setempat sehingga bisa dijadikan moment yang menarik. Dermaga nelayan bisa dijadikan tempat yang confinient untuk meletakkan tripod anda sehingga akan aman untuk shooting slow speed. Dermaga nelayan yang terbaik digunakan untuk memotret adalah yang berada di sebelah barat, karena letaknya yang relatif lebih dekat ke pulau dan bentuk dermaganya juga unik dan melengkung.
:: Sunrise @ Tanjung Binga ::
Tanjung Binga adalah tempat yang juga menarik untuk foto sunrise. Laut di tempat ini sangat tenang di pagi hari sehingga refleksi langit fajar kemerahan bisa ditangkap dengan mode pemotretan slow speed. Apalagi dikombinasikan dengan perahu nelayan yang hilir mudik datang merapat ke dermaga setelah menghabiskan waktu semalaman di laut. Begitu pagi sudah terang, aktivitas nelayan di tempat ini bisa dijadikan object human interest yang cukup menarik. Harap berhati-hati, kondisi dermaga sudah agak rapuh. Ada banyak kejadian peserta yang menempatkan tripod pada posisi yang salah sehingga kamera jatuh ke bawah dermaga.
Lengkuas. Pulau Lengkuas adalah lokasi pemotretan yang paling terkenal, dengan mercusuar dan pulau-pulau eksotis di sekitarnya. Tour Guide kami akan menyiapkan perahu motor untuk mencapai pulau ini. Dan khusus untuk anda yang memutuskan menggunakan jasa tour kami, kami sangat memperhatikan keselamatan. Untuk itu demi keselamatan anda kami menyediakan Life Jacket (pelampung) yang wajib dipakai selama perjalanan. Kami juga menyediakan cool box berisi minuman Aqua dingin berikut snack kue dan tentu saja lunch box untuk anda makan siang di pulau nanti. Semua termasuk dalam fasilitas yang kami sediakan untuk anda. Untuk yang ingin memotret terumbu karang kami menyediakan fasilitas penyewaan alat snorkeling.
:: Pulau Lengkuas ::
CATATAN: Jika kondisi ombak besar sekali ada kemungkinan anda tidak bisa menikmati perjalanan ke pulau, karena kegiatan di laut seperi berenang, snorkeling tidak memungkinkan. Lagi pula sangat beresiko untuk berada di atas perahu pada saat ombak besar. Jika kondisi demikian, maka untuk keselamatan anda, kami harap pengertian anda jika program ke pulau kami alihkan ke Belitung Timur (Manggar, Burung Mandi, Vihara Dewi Kwan Im, Bukit Batu) atau ke pantai-pantai di Membalong. Kondisi ini kemungkinan terjadi untuk trip pada bulan Desember - Maret.

:: View dari atas Mercusuar ::
Lokasi paling menarik untuk mendapatkan foto yang indah adalah dari atas Mercusuar. Pemandangan di tempat ini indah sekali dengan 3 buah pulau kecil saling berdekatan bisa ditempuh dengan jalan kaki melintasi laut dangkal, dan di pulau terbesar yaitu pulau Lengkuas. Mercusuar di Lengkuas tingginya 60 meter dengan 299 anak tangga dibangun tahun 1882. Pemandangan dari atas mercusuar luar biasa indah, jangan ragu untuk naik ke sana. Jika anda membawa casing underwater. Pemandangan bawah laut di sekitar Lengkuas sangat indah untuk diabadikan sambil snorkeling. Kami bisa menyediakan penyewaan perangkat snorkeling khusus untuk peserta tour fotografi kami.

:: Pulau Burong ::
Pulau Burong. Sesi pemotretan terbaik di pulau Burong adalah di sore hari ketika matahari mulai turun di arah barat. Objek pemotretan adalah batu besar berbentuk burung di pantai sisi Timur. Kondisi ini juga memungkinkan anda untuk mendapatkan sudut pemotretan dengan foreground kejernihan air laut yang tampak sampai dasarnya dengan batu Burung di latar belakang. Pantai di pulau Burung juga berpasir putih bahkah sampai dasar laut terutama di pesisir pantai yang menghadap ke arah Selatan, lautnya terlihat sangat jernih dan hanya ada pasir di dasarnya sehingga cocok untuk bermain air tanpa khawatir terinjak bebatuan karang atau binatang laut, jika anda ingin bersantai sejenak setelah memotret.

:: Batu Berlayar ::
Batu Berlayar. Pulau ini unik, hanya ada pasir dan batu granit saja yang menjulang tinggi seperti layar, sehingga penduduk setempat menamakannya pulau Batu Berlayar. Arsitektur alam batu-batu granit di tempat ini luar biasa cantik dengan bentuk dan formasi yang unik. Di sekeliling pulau juga terdapat terumbu karang, jika cuaca bagus anda juga bisa mendapatkan foreground terumbu karang dengan latar belakang Batu Berlayar. Jangan pula gunakan CPL dan pastikan matahari ada di belakang anda. Pulau ini lebih bagus dipotret pada saat air laut sedang surut agar permukaan pasir muncul dan ornamen pada batu-batu granit di sana akan kelihatan lebih artistik. 
Pulau Pasir. Pernahkan anda melihat bintang laut besar berwarna merah yang unik, maka singgahlah ke pulau Pasir, sebuah pulau yang hanya terdiri atas hamparan pasir dan hanya ada pada saat air luat sedang surut. Pasir di pulau ini sangat lembut dan di sekitar pulau banyak sekali terdapat bintang laut besar berwarna merah. Bintang laut ini hanya boleh digunakan untuk berfoto saja, anda dilarang membawa keluar bintang laut dari tempat ini. Pulau pasir dikelilingi oleh pulau-pulau kecil seperti pulau Babi, pulau Pegadoran, pulau Kelayang, dan Baru Berlayar. Laut di sekitar pulau Pasir sangat jernih dan dangkal di sisi pantai bagian Utara sehingga anda bisa berenang menikmati jernihnya laut Belitung.
Pulau Babi / Aji. Nama pulau ini memang ada dua, sebagian masyarakat menamakannya pulau Babi, sebagian lagi menamakan tempat ini pulau Aji. Terlepas dari namanya pulau ini adalah pulau terbesar diantara belasan pulau-pulau kecil di daerah tersebut. Walaupun karakter pulau mirip dengan pulau-pulau lain, tetapi bentuk batu-batu granit, tekstur pantai dan pepohonan kelapa berbeda. Ada beberapa bangunan pondok sederhana di tempat ini yang bisa dijadikan objek unik untuk pemotretan. Di sisi utara terdapat Pulau Tukong yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki pada saat air surut, atau Pulau Babi Kecil di sisi selatan yang hanya ditumbuhi oleh beberapa pohon kelapa saja.

:: Pantai Serdang @ Manggar ::
Pantai Serdang dan Nyiur Melambai. Tempat ini terletak di pesisi Timur pulau Belitung, di kota Manggar. Yang unik dari pantai-pantai di Manggar adalah barisan ratusan perahu katir yang diparkir sepanjang daratan di tepi pantai. Bentuk perahu cukup artistik dan berwarna-warni mencolok. Warna-warni perahu bisa anda jadikan objek pemotretan yang menarik. Tidak jauh dari tempat ini, tempat menarik untuk melihat pemandangan laut lepas di pantai Timur Belitung adalah dari puncak Bukit Samak, sebuah kompleks residensial mewah PT.Timah yang dibangun sejak jaman Belanda. Tempat ini sekaligus terdapat restoran untuk anda bersantai dan bersantap siang.

:: Sekolah Laskar Pelangi ::
Sekolah Laskar Pelangi. Tempat ini bukan tujuan hunting, hanya untuk yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi sekolah Laskar Pelangi dan tempat film dan lokasi sebenarnya cerita Laskar Pelangi, maka perjalanan akan ditujukan ke Gantung (Gantong). Tempat-tempat yang bisa anda lihat di sini adalah lokasi sekolah SD Muhammadiyah asli dan replika untuk syuting, lokasi savana tempat anak-anak Laskar Pelangi bermain, lokasi Gedong dan bendungan Pice. Daerah ini bukanlah tujuan wisata alam, jadi anda tidak akan menghabiskan waktu lama di tempat ini.

:: Vihara Kwan Im ::
Burung Mandi, Vihara dewi Kwan Im dan Bukit Batu. Vihara dewi Kwan Im juga cukup eksotis, terletak di atas bukit dan menghadap ke pantai, terlatak di kaki gunung Burung Mandi. Sementara pantai Burung Mandi juga cukup indah karena terdapat pemandangan dengan perpaduan pantai dan perbukitan. Masih di kaki Gunung Burung Mandi terdapat pantai wisata Bukit Batu, terdapat banyak batu-batu granit. Lokasi yang menarik untuk pemotretan di lokasi sekitar Burung Mandi adalah Danau Mempaya dengan latar belakang Gunung Burung Mandi.
Sebenarnya masih ada tempat-tepat menarik yang karena alasan waktu dan jarak tidak bisa kita kunjungi. Tempat-tempat tersebut adalah:
  • Pantai-pantai di Membalong berjarak 1.5 jam perjalanan ke arah Selatan kota Tanjungpandan.
  • Pelabuhan Dendang dan Pantai Punai di arah Tenggara 2 jam perjalanan dari Tanjungpandan, dan
  • Open Pit, bekas tambang timah bawah tanah di dalam gunung yang membentuk kawah di desa Kelapa Kampit, 1 jam ke arah Timur dari Tanjungpandan.
Daerah-daerah ini relatif masih sepi dan belum ada fasilitas wisata, walupun pantai-pantainya juga indah, berpasir putih dan berbatu granit. Tempat ini juga kami jadikan alternatif jika seandainya perjalanan ke pulau pada hari kedua tidak bisa dilaksanakan karena kondisi ombak yang besar.



:: Wisata Kuliner dan Souvenir ::


Kuliner Seafood, adalah sumber energi yang paling nikmat untuk disantap di Belitung. Menu favoritnya adalah gangan sejenis sup ikan tomyam dengan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning dengan nanas sebagai sayuran. Ikan yang paling enak untuk dimasak gangan adalah ikan Ketarap dan ikan Ilak. Menu lain adalah ikan kerisi/terisi bakar, dan ikan bakar jenis lainnya. Di Belitung ikan selalu dibakar denga menyertakan kulitnya, tujuannya agar lemak ikan yang manis tetap meresap ke dalam daging ikan sehingga rasa ikan lebih manis/gurih. Selain itu ada juga cumi atau udang goreng tepung dan mentega. Sayuran khas di sini adalah tumis genjer, ada juga tumis kangkung dan tentu saja lalapan sambal terasi. Minuman khas sebagai penutup makan siang anda adalah es jeruk kunci, terbuat dari jeruk limau kecil khas Belitung yang segar sekaligus mengurangi rasa amis setelah menyantap seafood. Restoran yang bersih dan tertata serta masakannya enak yang kami rekomendasikan di pantai Tanjung Tinggi adalah: Restoran Mabai

:: Gangan Ikan Ilak::
Santap Malam, anda bisa dinikmati di Bukit Berahu. Menu favourite adalah goreng ikan bebulus, tentu saja jika ikannya ada dalam persediaan. Atau, alternatif lain jika anda menginap di hotel di Tanjungpandan, kami menyiapkan makan malam di restoran-restoran yang terkenal enak di Belitung seperti Mutiara Laut dan Sari Laut, tempat makan terkemuka di Tanjungpandan. Khusus untuk peserta Paket Wisata kami, menu andalan Kepiting Saos tiram adalah makanan favorit yang kami sediakan untuk anda di tempat ini.
Pada malam hari ? Mari kita pulang dan anda sendirian di hotel. Tentu saja tidak, karena anda tidak membutuhkan kami untuk menikmati hiburan malam di hotel. Ada terdapat music cafe di pantai Tanjung Pendam di kota Tanjungpandan yang cukup menarik bagi anda untuk menjadi hiburan malam wisata anda di Belitung, atau jika anda masih lapar kita akan ajak anda berwisata kuliner di kota Tanjungpandan, atau kami bisa ajak anda ke supermarket untuk belanja kebutuhan esok harinya. Wisata kuliner yang terkenal adalah: aneka bakso, pempek, tekwan, soto babat, dsb. Tapi, jika anda tinggal di hotel di luar kota Tanjungpandan, maka waktu malam anda hanya bisa digunakan untuk istirahat saja, hotel-hotel tersebut berada 30km di luar kota Tanjungpandan.

:: Souvenir from Belitung ::
Souvenir. Walaupun belum seramai daerah lain, di Belitung anda masih bisa membelikan buah tangan untuk dibawa pulang dan diberikan kepada teman dan kerabat. Team Tour Guide kami akan mengajak anda ke tempat-tempat penjualan souvenir seperti yang ada di website kami, di kota Tanjungpandan. Jenis souvenir masih belum beragam, sebagian besar berupa kaos dengan berbagai kelas dan ukuran, beberapa kerajinan laut. Yang agak khusus adalah batu satam. Sedangkan makan khas yang bisa anda bawa pulang adalah: aneka kerupuk seafood, sirup jeruk limau kunci, terasi udang Sijuk, dam pempek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon isi pada box komentar sesuai format dibawah ini

Nama :
Alamat :
E-mail :
Isi komentar :